Breaking Posts

6/trending/recent

Logo

Type Here to Get Search Results !

Iklan JM bs

Krem-dan-Kuning-Simpel-Sertifikat-Penghargaan-20231117-141715-0000

 

Dua Supporter Group Musik Kabupaten Sumenep Ricuh di Festival Dewi Cemara


JALANMERAHTV -SUMENEP - Dua penampilan musik di Festival Dewi Cemara, Desa Wisata Cerdas Mandiri berakhir ricuh antar supporter, di Taman Adipura, Kabupaten Sumenep, Sabtu (4/11/23).

Dimana dua penampilan musik yang ricuh tersebut yaitu musik Tong-tong Gong Mania dari Guluk-guluk Sumenep, dan musik Angin RIbut dari Pasongsongan Sumenep.

Pasalnya, Dua grup musik tong tong kesenian Sumenep itu bertikai di duga karena ada provokasi di antara kedua grup kesenian, sehingga terjadi insiden saling lempar batu dan kursi. Bahkan ada barang yang menyerupai bom molotov terlihat di rekaman video amatir warga yang hadir menyaksikan hiburan tersebut.

Saat aksi kericuhan antar supporter berlangsung tampak kepala Dinas pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar), Mohammad Iksan mencoba mendamaikan dengan menggunakan megaphone.

Melihat kondisi seperti itu, aktivis mahasiswa pusaka Ach Zainuddin menyebutkan bahwa kegiatan ini seharusnya selaras dengan tagline Sumenep, kejayaan bukan malah lahir kerusuhan.

"Seni itu seharusnya di nikmati oleh penikmat seni sendiri, bukan saling menghancurkan. Ini menunjukkan kepala Disbudporapar tidak mampu memahami secara filosofi Sumenep masa kejayaan." ujar Ach Zainuddin.

Menurutnya, musik Angin Ribut dan Gong Mania sudah ada pertikaian sebelumnya yang masih belum terselesaikan, jadi kesannya emang mau di adu secara kekuatan dan skil yang berujung kericuhan.

"Ini sudah tidak mencerminkan Kabupaten Sumenep yang dikenal dengan humanis, harmonis dan cinta kedamaian," sebutnya.

Disinggung soal anggaran, aktivis mahasiswa pusaka Ach Zainuddin mengatakan acara semeriah ini sudah pasti besar dan itu imbasnya terhadap peningkatan APBD Kabupaten Sumenep yang semakin meningkat, tentu dengan adanya berapa kegiatan yang sifatnya lenyapkan banyak anggaran ini.

"Jelas dikucurkan dari APBD mencapai 81.000.000. Itu hanya uang kamar tamu saja, nah acara pertunjukan sudah selesai semua, sekarang Gong Mania dan Angin Ribut silahkan di bongkar," pungkasnya.*(ana)

IKLAN DALAM POS