Breaking Posts

6/trending/recent

Logo

Type Here to Get Search Results !

Iklan JM bs

Krem-dan-Kuning-Simpel-Sertifikat-Penghargaan-20231117-141715-0000

 

Kementan RI Beri Bantuan Bibit Kelapa Hijau ke Poktan di Kabupaten Madina


JALANMERAHTV -MADINA- Kelompok harapan maju di Desa Bondar, Kecamatan Panyabungan dan kelompok tani suka kerja di Desa Gunung Barani  Kabupaten Mandailing Natal (Madina),menerima bibit kelapa gencah hijau labuhan batu masing masing kelompok mendapat 500 batang dari kementerian pertanian melalui Balai Besar Dan Proteksi Tanaman Perkebunan. Selasa(26/12/2023).

Fungsional Balai besar Perbenihan  dan Proteksi Tanaman Perkebunan,Kementerian Pertanian Susilawati Lubis mengatakan,pemberian bibit ini merupakan pengajuan dari kelompok tani itu sendiri.

"Mekanisme untuk mendapatkan bibit,ada proposal dari kelompok tani yang di tujukan kepada dinas pertanian kabupaten Mandailing Natal.

Nah,nanti kabupaten Mandailing Natal akan bersurat kebalai besar dan Kementrian pertanian kemudian apabila benih tersebut tersedia,nanti akan kita salurkan sesuai permohonan."pungkasnya

Susilawati juga menjelaskan, untuk kelompok tani sendiri harus bersertifikat.

"Untuk kelompok tani Ada beberapa persyaratan.ada pendirian kelompok tani,sudah terdaftar di Silmultan,kemudian salah satu binaan dari pertanian Mandailing Natal."terangnya.

Salah seorang kelompok Tani Baharuddin Nasution mengucapkan terima kasih,jangan hanya sekali ini saja memberikan bantuan.

"Atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih,karena baru ini kami menerima bantuan bibit kelapa.

Semoga kedepannya terus ada bantuan,kami juga minta tolong kepada PPL bisa membimbing kami para kelompok tani dalam membuat proposal.

Dilain Pihak Anggota DPRD Provinsi Sumut Rahmat Rayyan mengatakan,untuk Tahun 2024 akan ada bantuan bibit dari Kementrian Pertanian seperti  durian,alpukat,bawang merah.

"Kita akan terus membantu dan mendampingi warga dan kelompok tani yang ingin mengajukan proposal bantuan bibit ini."ujarnya

Hadir dalam kegiatan tersebut,Ketua DPRD Kabupaten Mandailing Natal H.Erwin Efendi Lubis SH,Anggota DPRD Sumut Rahmat Rayyan Nasution,Mewakili Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal Muin,Pihak Kementrian Pertanian Sumut Diwakili Susilawati Lubis beserta rombongan dan seluruh staf pemerintah desa serta kelompok tani dari masing masing Desa.*(Suhartono)

IKLAN DALAM POS